Penangkaran Buaya Teritip, Seni Menghayati Buaya

Depan penangkaran buaya “Teritip”

Balikpapan, satu kota yang sebenarnya tak saya sangka bisa kesini. Balikpapan sebagai salah satu kota di kalimantan ini punya keanekaragaman flora dan fauna dan salah satunya adalah buaya. Dekat dari kota balikpapan terdapat sebuah penangkaran buaya yang tentunya tidak dapat anda lewatkan.

Penangkaran Buaya (Teritip Crocodile Farm) ini terletak di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, dengan jarak 27 km dari Pusat Kota Balikpapan. Luas areal penangkaran buaya ini seluas 5 ha.

Di pintu depan anda akan disambut dengan patung buaya aneka warna juga gajah! ya terdapat gajah pula di penangkaran buaya teritip balikpapan ini. Rupanya teritip ini layaknya mini zoo balikpapan, hehe.

Kegiatan penangkaran dilakukan sejak 1990. Beberapa jenis buaya yang ada ditempat ini seperti : buaya muara (crocodylus porosus) ; buaya supit (tomistoma scheillius) ; buaya air tawar (crocodylus siamlisus). Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan umum angkutan kota no. 7 dan kendaraan pribadi.

Penangkaran buaya ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 –  17.00 setiap hari, di kelola oleh CV. Surya Raya. Fasilitas umum yang tersedia berupa tempat parkir, toilet/WC, warung penjualan makanan dan minuman, serta cinderamata, juga terdapat balai pertemuan sebagai tempat bagi para pengunjung untuk beristirahat dan melihat anak anak buaya dan berbagai ukuran dan jenisnya.

Image

Dari Sate buaya, Penangkaran Buaya hingga Olahan Buaya serta jasa lempar ayam. Seraammm

Disini juga terdapat pula warung makanan khas yang menunya terbuat dari daging buaya, seperti sate buaya, minyak buaya, dan lain lain. Panganan khas buaya ini dipercaya dapat menambah kekuatan dan stamina. Spesial untuk sate buaya, rupanya biasanya disajikan pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari-hari Libur Nasional dan Keagamaan. Beruntung saya sempat menengok stall pembuatan sate buaya. Namun tidak untuk memakannya, haram dan seram sih.  Selain itu, disini kita juga dapat berfoto dengan buaya kecil, ampun melihatnya saja saya sudah bergidik. Dan yang paling bikin takjub, ada pula yang menjual ayam seharga 10rb/ekor untuk menjadi santapan sang raja sungai. Wow!

Bonus jumpa pers dengan si gajah kalimantan

Selain sate buaya, juga ada abon buaya !

Selain, sate ada pula abon buaya, gigi buaya dan berbagai macam bagian-bagian tubuh buaya dijajakan disini. Bagi anda pencinta salah satu fauna ini, silahkan berkunjung kemari, namun memang penangkaran ini tidak terlalu luas. Biaya yang dikenakan untuk masuk ke penangkaran buaya ini sebesar 15.000 rupiah saja. Selamat berkunjung!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s