‘Rhesus Negatif Indonesia’, berkumpul atas nama darah

Di suatu minggu pagi yang cerah bulan Februari 2012, Winda si pemilik rhesus negatif juga kawan saya di jogja, mengajak untuk menemaninya berkumpul dengan komunitas barunya di Bogor. Ya, Rhesus Negatif Indonesia adalah komunitas baru yang dia temui, sejak dia mengecek darah dan menyadari bahwa dia memiliki golongan darah O dan be- rhesus negatif. Rhesus yang lumayan ‘langka’ di Indonesia dan sering kali tidak diindahkan oleh para pemilik darah, sampai terjadi suatu kasus yang menghalangi adanya transfusi.

Harus diakui kesadaran masyarakat Indonesia (termasuk saya) terhadap identitas darah yang dimiliki masih rendah, itupun acapkali hanya digolongkan berdasarkan golongan darah (bahkan di KTP), rhesus pun jarang dituliskan bahkan diketahui informasinya.

Para Anggota RNI Berkumpul

Sebenarnya apa itu Rhesus Negatif Indonesia (RNI) dan apa pentingnya untuk dibuat? Seperti yang dilansir di website utama, Rhesus Negatif Indonesia adalah komunitas sosial kemasyarakatan yang dibentuk atas dasar ketergantungan yang tinggi antar sesama pemilik darah rhesus negatif, sehingga jika suatu saat ada salah satu di antara pemiliknya membutuhkan transfusi dapat teratasi dengan cepat. Dalam perjalanan selanjutnya, kebutuhan terbentuknya komunitas ini berkembang tidak hanya sekedar saling back up antar anggota saja, tetapi juga menjadi jembatan penghubung antara pemilik darah rhesus negatif lainnya yang belum tergabung disini dengan para pendonor panggilan. Disamping itu juga ada kebutuhan untuk mensosialisasikan secara lebih meluas ke masyarakat tentang apa itu rhesus negatif dan mengapa kita perlu mengetahui apa rhesus kita.

Ternyata, ibu nuneng punya kisah yang cukup tragis mengingat kelahiran anaknya yang meninggal di usia kelahiran yang masih dini –> profil ibu nuneng

Untuk mengetahui lebih lanjut, anda dapat mengunjungi link http://rhesusnegatif.com/  atau grup dibawah ini :

  1. Facebook Group : Blood Group Rhesus Negatif
  2. Google+ : Rhesus Negatif Indonesia
  3. Twitter : @rhesusnegatifID
  4. Milis : rhesusnegatifID@yahoogroups.com
  5. Email : humas@rhesusnegatif.com
  6. Hotline : 0811932975 (Ihsan) / 081513439600 (Natalia)

Anggota RNI memang sebagian besar sudah berumur, eh tapi jangan salah yang masih muda-muda dan fresh from the oven juga banyak sih. Hal ini dikarenakan informasi mengenai rhesus yang sangat minim dan biasanya baru terdeteksi saat kehamilan maupun hal -hal yang berkaitan dengan penyakit timbul.

Berhubung kemarin acara yang diadakan di bogor berkaitan dengan silaturahmi untuk mengakrabkan antar anggota dan sekalian liburan. jadilah berbagai panganan tumpah ruah di acara gathering tersebut. wuaaah, perbaikan gizi bagi anak kos.

Beraneka ragam panganan

Gathering untuk persiapan RNI big event

Serunya pula, kemarin anggota RNI ada yang berulang tahun! jadi kena deh dikerjain oleh anggota lainnya dengan pelemparan tepung dan telor secara berjamaah.

Happy Birthday !

Happy Birthday !

Anak-anak kecil yang kebetulan hampir sebaya yang merupakan anak-anak anggota RNI ini juga sangat bahagia di rumah bu nuneng, pihak tuan rumah, karena area kolam renang yang tak henti-hentinya mereka jeburin!  Aih, sampai kehabisan stok baju ganti untuk balik ke jakarta.

Di kolam renang, sebelum birthday attack!

Inilah RNI, cinta yang tumbuh atas nama darah!

nb : Thanks buat anggota RNI atas bingkisan makanannya🙂

(Annisa P. Pratyasto)

9 thoughts on “‘Rhesus Negatif Indonesia’, berkumpul atas nama darah

  1. Baru tahu aku kalau ada komunitas seperti ini, dan baru tahu juga kalau rhesus negatif terutama O adl ‘langka’, kebetulan aku juga punya golongan darah O tapi kurang tahu Rh+ ato Rh-. Terima kasih sangat bermanfaat.

  2. dyta s. says:

    contac personx tetap kan ?
    minta tolong kalau ganti cepat di update, makacih ^_*

  3. ronald christiono says:

    Ada g. ? Grup di masing wilayah provinsi. ?.mohon infonya

  4. riza says:

    Info dong gmn caranya ikut grup ini.,,sy djogj n bru tau klo sy o- stelah 2x melahirkn n byiny meninggal

  5. sudananto dany says:

    kug aq ndak bisa jadi member d Rhesus Negatif Indonesia Yo

  6. sudananto dany says:

    tolong donk aq d kasih tau caranya jadi member tu gmana atau lewat facebook..Dany.SJ80@yahoo.com mslhe aq ber Rhesus B- …thanks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s