“Surga Pencinta Durian” di Kota Bogor

Hidup di kota Bogor berarti anda harus siap dengan payung, mungkin pendapat tersebut sudah diamini oleh beribu pendatang di kota Bogor ini. Sejak menjadi pendatang di kota ini, saya laiknya Bella Swan di Kota Forks yang memang memiliki curah hujan tertinggi di negara paman sam nun jauh disana (plis, this is my blog, so i can wrote everything here right??).

Yang mungkin tak anda sangka, kota ini juga dapat menjadi surga kecil bagi para pencinta durian. Di kepulauan Jawa tepatnya, menemukan durian merupakan sesuatu yang amat langka bila dibandingkan dengan di Sumatera maupun di Kalimantan, bahkan harganya berlipat ganda. Durian juga merupakan buah musiman sehingga, hanya merebak di musim-musim tertentu saja.

Saya akan membeberkan beberapa tempat di kota Bogor yang akan membiarkan anda “bercinta” dengan Durian sepuasnya.

Es Krim Durian Royale “Bang Didi”

Es krim durian yang satu ini laris banget, sampai sore hari penuh dengan kaum segala kalangan berjejalan di jalanan. Apalagi, es krim drian yang satu ini hanya memberikan satu bangku khusus untuk penikmatnya.Lokasinya amat mudah ditempuh yaitu terleka di jalan ciheleuet (area SMA 3 Bogor dan LIA) dekat dengan restoran de’ leuit. Sayang sekali, beribu kali kesini, saking nikmatnya bahkan saya lupa mengambil gambar sehingga saya hanya menampilkan gambar dari blog sebelah🙂

es krim durian bang didi versi large

Disini, anda dapat menikmati satu cup es krim durian versi besar seharga 15.000 rupiah sedangkan, versi kecil seharga 7.000 rupiah. Uhmm.. yang bikin nikmat makan es krim durian disini, anda bahkan tidak dapat membedakan yang mana durian yang mana es krimnya. Sensasi yang ditimbulkan ini diakibatkan oleh kerokan daging durian yang ditambah dengan es krim flavor durian dan dikocok dengan sempurna. Serat-serat durian pun masih nempel, apalagi “bang didi” atau siapalah nama abang-abangnya suka kasih bonus biji durian wuihhh.. nikmat.

Raja Es Durian Bogor

Raja es durian bogor ini sebenarnya saya kunjungi atas rekomendasi teman saya, lokasinya terletak didekat “asinan gedung dalam” daerah sukasari. Dengan tagline “Asli durian Monthong” nya, saya dan yudhi pun mencicipi es krim durian disini.

Kami berdua rupanya lebih menyukai es krim durian royale “bang didi”, namun bila anda penyuka durian monthong dan menyukai es krim durian yang lebih lembut, mungkin disini tempatnya. Selain itu warung yang lebih besar, tentunya dapat menjadi pilihan keluarga untuk sama-sama menikmati es krim durian yang memang mashur di kota ini.

raja durian tampak depan !

Es durian nya sudah habis terjajah🙂

“Monster” penjajah es krim durian

Pancake Durian “All Fresh”

Berkulineran dengan banyak teman ternyata bisa menambah referensi pula jajanan ala durian terbaru yang direkomendasikan oleh bana, sobat saya selama di jogja. Rupanya nama pancake durian di all fresh sudah lumayan cukup dikenal di ibu kota. Berawal dari keteledoran bana, yang asal mencomot jajanan direksi, dia pun jatuh cinta dan iseng-iseng membelikan saya sepaket untuk mencicipinya. Kebetulan All fresh memang sudah buka gerai baru di area lodaya, Bogor.

Hmm.. gak salah memang “ada harga, ada barang”. Daging durian yang utuh tersembunyi dibalik kelembutan cream cake tipis berwarna putih di luarnya dan diselimuti dengan lapisan tipis berflavor durian. Anda dapat mencicipinya dengan merogoh kocek 20.000 rupiah untuk sekotak dengan isi dua pancake durian. Taste it and u can feel “little heaven”🙂

Pancake durian

Isi pancake durian yang menggoda !

Surabi Durian di “Kedai Surabi” Sukasari

Berlokasi cukup strategis di  area dekat dengan pusat perbelanjaan eka lokasari dan menuju ke arah sukasari memang cukup menguntungkan kedai surabi ini untuk bersaing dengan penjual surabi lain. Maklum kawasan ini sering dipadati kaum muda-mudi bogor untuk melepas lelah sembari mengemil jajanan ringan dan bercengkrama dengan kawan.

Tidak hanya surabi durian, juga ada roti bakar dan colenak !

Pencetak surabi

Surabi durian yang saya tampilkan disini memang “hanya” surabi disertai dengan lapisan vla durian, tidak ada penambahan daging durian. namun rasanya boleh lah diadu. harga surabi disini dijual dengan harga yang cukup variatif berkisar dari 4000 hingga 8000 rupiah tergantung topping yang anda pilih. Untuk pilihan kesini, saya lebih menyukai topping berasa asin seperti topping dengan sosis dan mayonaisenya yang sedapnya sampai ke ubun-ubun, yang bagi saya rasanya lebih pas bila disandingkan dengan surabi. Tapi bila anda pencinta durian, tentu anda tidak dapat bisa berkilah dari godaan vla durian yang cukup manis dan ngeblend dengan pelengkap lain seperti coklat maupun keju.

Surabi durian cokelat

Surabi sosis spesial ! Nyummmm

Colenak coklat keju

Suasana kedai surabi

Selain surabi, disini anda juga dapat mencicipi colenak (tape/peuyeum dengan taburan aneka topping) maupun roti bakar bahkan jajanan seperti siomay/batagor. Cukup kenyang dan praktis untuk menemani sore maupun malam anda.

Warso Farm

Satu tempat ini sejatinya belum saya kunjungi, namun merupakan tempat idaman yang ada di plan list saya. Bila anda pencinta durian dan ingin sekali menimba edukasi lebih tentang si raja buah ini. Disinilah tempat yang pas, sekalian mengajak keluarga berekreasi dan menyantap durian langsung dari pohonnya. Walaupun konon katanya, anda harus membayar lebih untuk mendapatkan satu buah durian disini, daripada si mamang-mamang yang jual di luaran. Namun itulah harga sebuah sensasi, mungkin yang hanya didapatkan dengan perbedaan harga yang beda tipis.

Warso Farm

Lokasinya terletak di Desa Cihideung, Kecamatan Cijeruk, Kab. Bogor, area ini sangat mudah di capai sebenarnya dari kediaman sementara saya. Lahan 7 ha milik H. Soewarso Pawaka ini katanya memiliki +/- 900 pohon durian dengan 7 varietas unggulan seperti Petruk, Lay, Sunan, Tembaga, Monthong, dan Si Mas. Waww!!!

Memasuki area perkebunan durian ini tidak dikenakan biaya masuk alias free. Disini anda juga dapat menemukan pusat aneka olahan durian serta playground untuk buah hati anda diselingi dengan edukasi bercocok tanam. Datang ke perkebunan ini sangat direkomendasi pas bulan-bulan musim durian seperti bulan november dan desember. Sensasi buah durian lokal dengan harumnya yang khas tersebut tentu akan lebih seronok.

Happy travelling “Durio Hunter”

(Annisa P. Pratyasto)

5 thoughts on ““Surga Pencinta Durian” di Kota Bogor

  1. Lucy says:

    i love durian..tq infonya🙂

  2. dewi says:

    Thx banget lho infonya, saya seneng skali bca info ini….
    malam ini mau langsung ke sorabi duren ah.Hhe

  3. kiki syifa fauzia says:

    Minta alamat lengkapnya donk bwt yg pengen pancake durian…

    Mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s