Zangrandi, melirik es krim “jadoel” dari Surabaya

Saya dan dita berkelana lagi setelah puas mengunjungi monument kapal selam, kita mampir makan es krim jadul di Zangrandi. Lokasinya di Jl. Yos Sudarso no 15 Surabaya samping Garden Palace Hotel depannya kantor DPRD Jawa Timur dengan jam buka 10.00 -22.00.

 

zangrandi jaman dulu ..

 

penampilan zangrandi masa kini

Es krim Zangrandi merupakan salah satu pusat es krim jadul yang tersisa di Indonesia selain Ragusa Jakarta, Tip Top Medan, Tip Top Jogja, Toko Oen Malang, Toko Oen Semarang. Pada awalnya tempat menjual es krim ini bernama Renato Zangrandi`s Ijspaleis. Didirikan oleh seorang pendatang dari Italia bernama Renato Zangrandi yang kemudian dijadikan nama tempat usahanya. Pada halaman pertama buku menu ini pun terdapat gambar Zangrandi di masa lampau dan tertulis bahwa Zangrandi telah ada sejak tahun 1930. Wah, berarti tempat ini sudah berdiri sejak masih dalam penjajahan Belanda. Cukup tua juga es krim ini, sebab saat ini umurnya sudah lebih dari 70 tahun.

 

pajangan unik di zangrandi

Berdasarkan referensi yang saya dapat, walaupun es krim di Zangrandi bergaya Italia tapi tekstur es krim Zangrandi sangat jauh berbeda dengan tekstur es krim Italia yang sekarang sedang in seperti Gelato yang bertekstur lembut karena mengandung lebih banyak krim susu. Es krim Zangrandi lebih mirip Casata yang bertekstur lebih keras dan tidak selembut Gelato. Tetapi walaupun tidak bertekstur lembut bukan berarti es krim Zangrandi tidak enak. Justru kekhasan tekstur dan rasa yang old style tidak bisa ditandingi oleh tempat es krim manapun di Surabaya.

 

taraaa...duduk di kursi rotan merah putih, sambil menikmati siang hari yang terik

Selain es krimnya yang relatif tidak mengalami perubahan, suasana tempatnya dengan kursi-kursi rotan berwarna merah dan putih juga tidak berubah. Tetap seperti sejak jaman Belanda.

membolak balik buku menu zangrandi ..

membolak balik buku menu zangrandi ..

Awalnya kita cukup bingung menentukan es krim yang ada karena gambar-gambar es krim pada menu kelihatan menarik. Harga ice cream mulai dari Rp 9.000,- untuk es krim horn (cone ditambah 1 scope es krim) sampai Rp 20.000,-. Ternyata, tidak hanya es krim, kita juga bisa memilih makanan ringan seperti risoles, kroket, pastel tutup, lumpia goreng, siomay atau French fries yang harganya berkisar antara Rp 5.000,- sampai Rp 14.000,-.
Pada bagian minuman di buku menu tertulis beberapa jenis minuman mulai dari air mineral, soft drink , jus buah, dan milkshake. Minuman disini ditawarkan dari harga Rp 1.000,- untuk air mineral sampai Rp 18.000,- untuk milkshake . Pada halaman terakhir buku menu ditawarkan pula berbagai ice cream tart berukuran 16 cm, 21 cm dan 24 cm. Ice cream tart ini boleh dibeli dalam bentuk slice juga. Jenisnya ada Cassata, Rainbow, Mocca atau Black Forest yang dijual seharga Rp 255.000,- sampai 295.000,-.

 

menu kita dan uniknya pensil yang dikasih adalah pensil hb .. kesan jadulnya lengket ..

Berhubung saya sering blog walking, saya akhirnya memilih es krim tutti frutti dan Macedonia yang disarankan oleh beberapa blog yang saya kunjungi dan berharap semoga pesanan yang didapat sesuai dengan selera kita. amiinn..

Sebelum pesanan datang, pelayan telah memberikan 1 gelas kecil air putih yang digunakan untuk sedikit menghilangkan rasa dahaga ketika makan es krim Zangrandi yang memang memiliki rasa cukup manis ini.

Sambil menunggu es krim kita dapat melihat mobil-mobil yang hilir mudik, terutama bila kita ke Zangrandi pas sore hari maklum, toko es krim ini terletak di pinggir jalan utama dan kalo siang hari jangan ditanya lagi panas teriknya Surabaya. Akhirnya es krim pesanan kita pun tiba.

 

ngaso duluu sembari menunggu pesanan ..

Waw..menarik dan tertarik karena tampilan es krim yang cukup menawan dan terkesan unik.

 

hore...es krim pesanan kita telah tiba

Produk andalan disini memang es krim Tutti Frutti. Bentuknya seperti es potong, tapi segitiga.  Ada rasa coklat, mocca, vanilla kemudian didalamnya ada potongan-potongan buah yang bikin segar. Second best seller adalah Macedonia yang dipilih oleh Dita. Bentuknya bulat kemudian terdapat ceruk berbentuk V yang diisi oleh rum. Dita kali ini memilih Macedonia Rhum raisin. Rasa rum-nya lumayan kuat (berasa minum obat, kalo gak nahan ama bau rhum). Overall, rasanya nendang banget dan manis (lumayan pas buat penggemar rasa manis). Rasa manis nya memang kuat tapi teksturnya membuat tidak eneg untuk dinikmati.

 

dita asyik menyeruput macedonia

ehmm…rasanya masih ingin lebih lama duduk duduk di kursi rotan ini.. tapi, apa daya kita harus mengunjungi tempat asyik lain yang ada di Surabaya dan berhubung waktu yang amat singkat.. c’mon dit !! (annisa paramita)

nb : oiya sekedar berbagi foto-foto di kunjungan saya ketiga dan kesampaian makan noodle ice cream… horee..!! unik dan menarik, tapi kalau masalah rasa, hampir mirip dengan macedonia rum raisin, manis dan full of rhum!!

 

saya dan es krim idaman "Noodle ice cream"

noodle ice creamnya mantap!!!

2 thoughts on “Zangrandi, melirik es krim “jadoel” dari Surabaya

  1. Wah mantap nih, Es krim nya tanpa pengawet pula.
    Cuma karena dipinggir jalan, suasana kolonialnya kurang berasa hehe
    btw top deh, enak..

  2. klasic place and best ice cream ever yum yum yum🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s