Sate klopo “Bu Asih” ondomohen, sate khas suroboyo bertabur bubuk kelapa

Wisata kuliner yang saya lakukan bersama Dita masih berlanjut kali ini. Keunikan lain berupa makanan dari kota Surabaya yang paling khas adalah Sate Klopo.

 

warung sate klopo "Bu asih" ondomohen

Di antara warung sate klopo yang ada di Surabaya, warung sate klopo Bu Asih terbilang paling laris dan terkenal. Sate Klopo Ondomohen ini buka pagi hingga siang hari. Tempatnya berada tepat di ujung gang Ondomohen Magersari II atau Jl. Walikota Mustajab Surabaya. Atau kurang lebih 200 meter ke arah barat dari kantor Walikota Surabaya. Warung bu Asih ini tidak berada di bangunan permanen yang bagus dan mapan namun berada di atas trotoar terbuka. 

 

sate klopo ditemani es teh

Eits…sate klopo ini memang ada kelapanya. Tapi… bukan berarti sate yang terbuat dari Kelapa, melainkan sate daging sapi yang dibumbui dan di lumuri kelapa parut berbumbu, baru dibakar diatas arang bathok hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang seperti umunya sate khas Madura dan disajikan dengan acar potongan bawang merah, dan rawit mentah. Rasanya tentu saja sedap dan nikmat! Parutan kelapa berbumbunya membuat rasa satenya menjadi unik. Dilengkapi dengan bumbu sate yang khas pula dan poya kacang menjadikan makanan ini gurih dan lezat di lidah.

 

dita asyik menyantap sate klopo

Sate klopo disini ada tiga macem, Daging, Usus dan Sumsum. Satu porsi sate ada 10 tusuk yang masing-masingnya terdiri dari 50% daging dan sisanya gajih alias lemak. Kita bisa memilih teman makan satenya berupa lontong atau nasi..uhm mantap sekali, bukan??

 

nyamleng....saya dan sate klopo !

Selain sate yang mantap bin nikmat ini, sate klopo bu asih ondomohen ini juga menyenangkan suasana makannya. Saat itu kita duduk di emperan disertai pohon rindang yang terletak di jalan walikota Mustajab, berasa bukan di Surabaya, karena, suasana yang sejuk dan adem bikin makan semakin lahap juga disertai hembusan asap sate dari tempat pembakaran, hmmmmm… Setelah kenyang dengan es krim yang menggiurkan (red: Zangrandi) dan sate yang nikmat, saya dan Dita semangat untuk melanjutkan perjalanan kembali. Yuhuuu…. (annisa paramita)

2 thoughts on “Sate klopo “Bu Asih” ondomohen, sate khas suroboyo bertabur bubuk kelapa

  1. Sate klopo memang enak.. Sudah pernah coba yang Bu Asih juga, tapi kok saya lebih cocok yang diseberangnya ya ? Ondomohen Pojok Malam lebih mantap rasanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s