SURABAYA ZOO, tidak hanya sekedar wahana binatang biasa

Berhubung masih di Surabaya, lanjut lagi perjalanan Icha ke Kebun Binatang Surabaya. Kebun Binatang Surabaya Jawa Timur memang tempat yang dapat menjadi alternatif tujuan wisata keluarga. Selain dekat dengan kota, lokasi strategis dan mudah dijangkau juga lengkap sehingga bisa memberi hiburan untuk akhir pekan yang murah tapi tetap menghibur, mendidik, konservasi dan memberi nilai rekreasi, safari bagi anak anak dan objek penelitian.

 

waw fosil jerapah .. 2 kali lipat tinggi saya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan kebun binatang yang populer di Indonesia terutama di Jawa Timur, terletak di tengah kota Jl. Setail No. 1 Surabaya, KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, dihuni lebih dari 351 spesies satwa berbeda dan bermacam macam yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk di dalamnya satwa yang sudah langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, Pisces.

 

pict - 1 surabaya zoo

icha dan unta hasil koleksi surabaya zoo...cklikkk.. ^^

Lokasi kebun binatang ini terletak tepat pada pertemuan empat jalan protokol atau jalan utama: Jl. Raya Wonokromo-Joyoboyo-raya Darmo-Raya Diponegoro, dengan jarak sekitar 200 m dari Sub Terminal Jayaboyo, beberapa menit berjalan kaki dari stasiun KA Wonokromo. Mudah dicapai dari terminal Bus antar kota Bungurasih, stasiun Kereta Api Semut, Station Gubeng, dan Station Kereta api Pasar Turi, atau bahkan dari Bandara Juanda maupun Pelabuhan Laut Ujung Tanjung Perak Surabaya. Beberapa angkutan yang melewati Jl. Ciliwung menuju ke Joyoboyo bisa mencapai angkutan alternative  untuk ke Kebun Binang Surabaya, turun diujung antara Jl. Setail, berjalan kaki sekitar dua menit untuk mencapai Gerbang Utama KBS.

 

 

Kebun Binatang Surabaya (KBS) didirikan pada tahun 1916 melalui SK Gubernur Jenderal Belanda dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani dan Binatang Surabaya). Pendirian  taman zoologi ini merupakan jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang.

 

pict - 2 - surabaya zoo

di kebun mammalia

Pengunjung lokasi di wisata KBS dikenakan biaya  sebesar Rp. 10.000 (usia 3 tahun ke atas). Sedangkan untuk menikmati fasilitas lain seperti Naik Gajah, Onta, Kuda, Pentas dan Aksi Satwa, Perpustakaan dan Taman Bacaan baik anak maupun orang dewasa, Dongeng Satwa dan naik perahu mengitari pulau buatan yang dihuni Bekantan, Owa Jawa dan bebebrapa jenis binatang satwa lainnya yang dibiarkan hidup dialam bebas, pengunjung harus membeli karcis khusus di tiap lokasi antara Rp. 3.000 – Rp 10.000 per orang. Tersedia pula arena permainan untuk anak-anak dan dewasa. Kegiatan Atraksi yang menarik dan sayang sekali bila dilewatkan, adalah jadwal pemberian makan pada satwa (Feeding Time) seperti Komodo pada tgl. 5 & 20 jam 13.00 setiap bulan, Juga terdapat Panggung terbuka dengan areal yang luas bisa digunakan untuk bermacam-macam kegiatan.

 

jadi kebun binatang surabaya atau yang biasa disebut surabaya zoo ini tidak hanya menawarkan wahana untuk melihat binatang yang ada saja tetapi juga menyediakan fasilitas rekreasi yang lengkap (cocok ni buat icha yang gak pernah diemm..^^). malah sekarang surabaya zoo ini dilengkapi dengan fasilitas bungy jumping dan flying fox. eh selain itu di depan kebun binatang surabaya ini kita dapat berpose di depat simbol kebanggan surabaya yang amat kita cintai (halaaaahh..) yaituu…. (jeng jereeejeenngg..) sura (hiu) dan boyo (buaya)..

 

wah benar-benar gak cukup rasanya menghabiskan satu hari di kebun binatang surabaya. ternyata kebun binatang bukan hanya rekreasi buat anak kecil saja..fuihh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s