JEJAMURAN, warung serba jamur yang edukatif

Jogjakarta, Jogjakarta….emang gak ada habisnya membahas kota ini. Hiburan yang disediakan komplit banget. Dari tempat wisatanya yang unik, budidayanya yang kental serta kulinernya yang tentu saja mantap. Hahaha. Kali ini saya mau membahas warung (lebih tepatnya tempat makan ding..) yang menjual makanan serba jamur yaitu di JEJAMURAN. Tempat makan ini terletak di seputaran jalan magelang, setelah bertemu spanduk jejamuran trus belok kanan…(hahaha maklum disorientasi arah nih). Pertama masuk tempat makan sih biasa banget. Tapi setelah kita ditawarkan barisan menu-menu yang ditawarkan pasti kita akan bertanya-tanya seperti apa sih rasanya. Hahaha. Dan ternyata makanan yang ditawarkan disini gak akan bikin kita kecewa deh. Yang paling mengesankan saya adalah telur dadarnya. Wah inilah telur dadar terenak yang pernah saya makan. Rasanya pas banget (kalo kata pak bondan..maknyuss). Selain itu ada minuman yang unik yaitu wedang jamur, minuman yang diolah dengan jamur lingzhi ini mempunyai efek anti kanker. Jamur sendiri mengandung protein yang berguna banget buat tubuh kita. Jadi gag ada ruginya deh kita mengonsumsi jamur selain rasanya yang seperti pangan hewani juga menyehatkan. Di tempat makan ini jamur diolah menjadi berbagai macam masakan yaitu gudeg jamur, jamur goreng tepung, sate jamur, dll. Makanan ini disajikan dengan kisaran harga yang cukup terjangkau (Rp. 3000-20.000) dengan porsi yang cukup mengenyangkan hahaaha ^^.

menu makanan yang disuguhkan di Jejamuran

menu makanan yang disuguhkan di Jejamuran

JEJAMURAN ini juga memberikan sarana edukasi bagi tiap pengunjungnya yaitu dengan menyediakan lahan budidaya jamur di samping tempat makan yang bebas dilihat oleh para pengunjungnya. Saat saya kesini saya beruntung saya ditemani oleh sang pemilik yang menerangkan tiap jamur yang dibudidayakan disana beserta olahannya.

salah satu jamur yang dipakai oleh jejamuran untuk makanannya

salah satu jamur yang dipakai oleh jejamuran untuk makanannya

Wah, ternyata makan di Jejamuran gak hanya makan buat perut saja tapi juga makan buat otak. Sedikit banyak saya jadi tahu bagaimana cara membudidayakan jamur dan cara memetiknya. Oia, pengunjung juga diperbolehkan untuk membantu pekerja memanen jamur lho.

berfoto bersama jamur yang tadi aku makan..hahaha

berfoto bersama jamur yang tadi aku makan..hahaha

Benar-benar tempat makan yang edukatif, kan? Di belakang tempat budidaya, saya juga melihat para petani yang asyik mengumpulkan sekam dalam plastik sebagai media tanam jamur (polybag).

petani jamur yang sedang asyik bekerja membuat polybag

petani jamur yang sedang asyik bekerja membuat polybag

Wah seru juga menyaksikan mereka bekerja. Hufh. Tidak terasa waktu sudah beranjak sore waktunya untuk pulang..bye-bye jamurku. Jadi ingat jamur Trichoderma yang sedang saya teliti buat skripsi nih..hehee (icha)

4 thoughts on “JEJAMURAN, warung serba jamur yang edukatif

  1. adi says:

    eh alamatna mana toh…yang jual ni..aku anak smrang so lau jalan2 bisa mampir

    • chapuccino says:

      alamaatna hehee saya tepatnya gak hapal..tapi yang saya tauu kalo lewat jalan magelang luruuus setelah alun2 di sekitaran jalan magelang pasti nemu plangnya..
      trus belok kanan dahh..hehe slamat berjuang..
      asyik dan enak makanannya..

  2. syaifudin says:

    wah bagus infonya.
    saya juga pernah ksana,
    tapi dari pusat kota agak kejauhan
    saya sering makan dan mangkal di Waroeng Jamur KEDAI RAKYAT, dekat UGM Yogyakarta,
    menunya enak juga, tapi yang venting disini lebih murah dan suasananya enak untuk kongkow.

    Datang ama saya dikasih diskon mau?
    : 0813 2818 2852 Syaifudin

    • chapuccino says:

      wah boleh juga nih klo dikasih diskon.
      sayangnya saya lagi gak di jogja
      dimana tempatnya? kalau saya lagi berkunjung ke jogja saya akn coba mampir kesana.

      terimakasih..

Leave a Reply

